BERITA TERBARU HARI INI

BERITA TERBARU HARI INI

Diam-diam, Biden Izinkan Ukraina Serang Wilayah Rusia dengan Senjata AS

BERITA TERBARU HARI INI – Diam-diam, Biden Izinkan Ukraina Serang Wilayah Rusia dengan Senjata AS. Joe Biden diam-diam mencabut pembatasan penggunaan senjata yang dipasok negaranya ke Ukraina terkait sasaran di wilayah Rusia, namun hanya untuk mempertahankan wilayah Kharkiv yang mendapat serangan. Demikian disampaikan para pejabat AS pada Kamis (30/5/2024).

Presiden Amerika Serikat (AS) itu mendapat tekanan yang semakin besar dari Ukraina yang putus asa untuk melonggarkan larangannya.

“Presiden baru-baru ini mengarahkan timnya untuk memastikan bahwa Ukraina dapat menggunakan senjata yang dipasok AS untuk tujuan kontra-tembakan di wilayah Kharkiv, sehingga Ukraina dapat membalas pasukan Rusia yang menyerang atau bersiap menyerang mereka,” kata seorang pejabat AS, seperti dilansir CNA, Sabtu (1/6).

“Kebijakan kami sehubungan dengan pelarangan penggunaan ATACMS atau serangan jarak jauh di dalam wilayah Rusia tidak berubah,” kata pejabat yang enggan disebutkan namanya, merujuk pada rudal jarak jauh yang baru-baru ini dikirim oleh AS ke Kyiv.

Pejabat AS kedua mengonfirmasi perubahan kebijakan Biden, yang terjadi ketika pasukan Rusia terus melancarkan serangan terhadap wilayah timur laut Kharkiv.

Presiden Volodymyr Zelenskyy telah menekan para pendukung Ukraina – terutama AS – untuk mengizinkan negara tersebut menggunakan persenjataan jarak jauh yang mereka pasok dalam menargetkan sasaran di wilayah Rusia.

AS bergegas mengirim senjata ke Ukraina pada bulan April setelah Kongres AS meloloskan paket bantuan militer dalam jumlah besar menyusul penundaan enam bulan, namun Biden enggan mengizinkan serangan lintas batas.

Pada hari Rabu (29/5), Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah mengisyaratkan bahwa Biden mengubah arah, dengan mengatakan bahwa AS telah beradaptasi dan menyesuaikan diri.

Pergeseran Biden ini menyusul diskusi di balik layar selama berminggu-minggu antara Gedung Putih dan pejabat tinggi militer AS serta Kementerian Luar Negeri AS pada hari-hari setelah Rusia melancarkan serangan ke Kharkiv pada 10 Mei.

Ukraina meminta izin untuk menggunakan senjata AS di wilayah Rusia pada 13 Mei dan Biden secara prinsip menyetujuinya pada 15 Mei setelah Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan menyatakan hal ini ditujukan agar Ukraina dapat mempertahankan diri.

Negara Lain Diduga Juga Mengubah Kebijakannya

Diam-diam, Biden Izinkan Ukraina Serang Wilayah Rusia dengan Senjata AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas