Intip Strategi Kumpulkan Dana Darurat agar Kondisi Keuangan Stabil

BERITA TERBARU HARI INI – Intip Strategi Kumpulkan Dana Darurat agar Kondisi Keuangan Stabil. Membangun dana darurat adalah salah satu hal yang paling penting dalam mengelola keuangan pribadi. Dana darurat ini digunakan untuk menghadapi situasi darurat yang tidak terprediksi, antara lain kehilangan pekerjaan, sakit, bencana alam, barang rusak.

Dengan demikian, penting mempersiapkan dana darurat yang ideal agar dapat menghadapi berbagai situasi yang tidak terprediksi.

Untuk membangun dana darurat yang ideal, perlu dilakukan beberapa langkah seperti dikutip dari berbagai sumber, ditulis Sabtu (20/7/2024):

Pertama, terapkan financial check up untuk mengetahui kondisi keuangan Anda. Cek penghasilan, pengeluaran, cicilan utang, asuransi, dan tagihan. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah melihat seberapa kemampuan untuk membuat rencana keuangan dan menyiapkan dana darurat dengan segera.

Kedua, setelah mengetahui kondisi keuangan, Anda dapat membangun dana darurat secara bertahap. Jika ada pemasukan ekstra, alokasikan lebih banyak ke rekening dana darurat. Tak perlu khawatir dengan jumlahnya yang bertambah sedikit demi sedikit. Asal konsisten, target dana darurat yang ideal pasti akan tercapai.

Selain itu, ketiga, penting untuk menerapkan efisiensi dan mengatur ulang anggaran pengeluaran. Efisien dalam mengelola pengeluaran dapat dilakukan dengan mengurangi kegiatan belanja yang tidak terlalu mendesak.

Saat mengumpulkan dana darurat, keempat, penting untuk mempertimbangkan besarannya. Besaran minimal dana darurat yang harus dipersiapkan idealnya 6-12 kali pengeluaran per bulan.

Misalnya, jika gaji yang didapat adalah Rp 5 juta, dana darurat yang wajib dimiliki oleh seseorang yang single adalah Rp 15 juta-Rp 30 juta, sementara untuk yang sudah berkeluarga setidaknya memiliki Rp 30 juta-Rp 60 juta.

Pertahankan Kedisiplinan

Intip Strategi Kumpulkan Dana Darurat agar Kondisi Keuangan Stabil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas