BERITA TERBARU HARI INI

BERITA TERBARU HARI INI

Lukisan Batik Sepanjang 2,5 Meter Dibuat Jelang Kunjungan Paus Fransiskus ke Kampus Singapura

BERITA TERBARU HARI INI – Lukisan Batik Sepanjang 2,5 Meter Dibuat Jelang Kunjungan Paus Fransiskus ke Kampus Singapura. Setelah Indonesia, Papua Nugini, dan Timor Leste, Singapura jadi pemberhentian terakhir dalam agenda lawatan Paus Fransiskus di Asia Pasifik. Menyambut kunjungan Pemimpin Gereja Katotik Dunia itu, Catholic Junior College (CJC) melakukan berbagai persiapan, termasuk menggunakan lukisan batik untuk menyampaikan pesan mendalam.

Paus terjadwal berkunjung ke kampus tersebut besok, Jumat, 13 September 2024, yang merupakan hari terakhirnya di Negeri Singa, lapor Mothership, dikutip Kamis (12/9/2024). Di kesempatan itu, beberapa mahasiswa akan melukis bersama Paus.

Ia akan mengunjungi CJC untuk menghadiri dialog antaragama yang diselenggarakan Kementerian Komunitas, Kebudayaan, dan Pemuda, serta Keuskupan Agung Katolik Roma Singapura. Lebih dari 600 peserta dari lebih dari 50 sekolah, serta organisasi antaragama diperkirakan akan menghadiri dialog tersebut.

Sebagai bagian dari persiapan menyambut kedatangan Paus, CJC menyelenggarakan diskusi antaragama bagi para siswa dan staf, mendorong mereka merenungkan peran mereka dalam menegakkan kerukunan antaragama. Seni telah jadi media utama untuk memfasilitasi percakapan semacam itu.

Ini terutama dalam bentuk lukisan batik, yang disebut sebagai “penghormatan pada akar budaya Asia Tenggara, termasuk Singapura.” Visual karya tersebut mencerminkan tema kunjungan Paus, yaitu “Persatuan dan Harapan.”

Lukisan sepanjang 2,5 meter dan tinggi 0,9 meter itu menampilkan berbagai tempat keagamaan, seperti sinagog, kuil, masjid, dan gereja yang berdampingan. Meski sebagian orang mungkin menganggapnya seperti jendela kaca patri, CJC menjelaskan bahwa hamparan warna pada lukisan batik sebenarnya menandakan kerukunan antar ras dan agama.

Makna Lukisan Batik

Lukisan Batik Sepanjang 2,5 Meter Dibuat Jelang Kunjungan Paus Fransiskus ke Kampus Singapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas