BERITA TERBARU HARI INI

BERITA TERBARU HARI INI

Prancis Janjikan Bantuan Rp512,6 Miliar untuk Pengungsi Palestina Setelah PBB Tak Lagi Terima Dana dari AS dan Inggris

BERITA TERBARU HARI INI – Prancis Janjikan Bantuan Rp512,6 Miliar untuk Pengungsi Palestina Setelah PBB Tak Lagi Terima Dana dari AS dan Inggris. Kementerian Luar Negeri Prancis mengatakan akan memberikan setidaknya 32,3 juta dolar AS (setara Rp512,6 miliar) kepada badan PBB untuk pengungsi Palestina atau UNRWA pada 2024. Diketahui sejak Januari 2024, sekelompok negara termasuk Amerika Serikat (AS) dan Inggris memutuskan untuk menghentikan pendanaan kepada badan PBB.

Hal itu menyusul klaim Israel bahwa beberapa anggotanya terlibat dalam serangan 7 Oktober 2023 lalu. Meski AS dan Inggris berhenti menyokong PBB, beberapa negara seperti Australia, Kanada, Swedia, dan Islandia telah melanjutkan pendanaan.

Pada 2024, Prancis akan berkontribusi pada tindakan UNRWA dengan lebih dari 32,3 juta dolar AS,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Prancis Christophe Lemoine pada konferensi pers, seperti dikutip dari laman trtworld, Jumat (29/3/2024).

Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang menunjukkan simpati atas perang yang sedang berkecamuk di Jalur Gaza. Sebelumnya, mengutip Tim Global Liputan6.com, 23 Januari 2024, setidaknya 1.000 orang yang berasal dari Jalur Gaza telah dirawat di sebuah rumah sakit lapangan di kapal Prancis, yang berlabuh di pesisir Mesir.

Kapten kapal The Dixmude, Alexandre Blonce, mengungkapkan perawatan itu dilakukan seiring ambruknya infrastruktur kesehatan di daerah yang dikoyak akibat perang itu. Kapal pengangkut helikopter, The Dixmude, telah berlabuh di Pelabuhan Al Arish, Mesir, sekitar 50 kilometer barat Jalur Gaza sejak November 2023. Melansir dari VOA Indonesia, kapal itu dilengkapi sejumlah kamar rumah sakit, berikut ruang operasi, dan 70 staf medis.

WHO Sebut Warga Palestina Kesulitan Bantuan Medis

Prancis Janjikan Bantuan Rp512,6 Miliar untuk Pengungsi Palestina Setelah PBB Tak Lagi Terima Dana dari AS dan Inggris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas