BERITA TERBARU HARI INI

BERITA TERBARU HARI INI

Studi: Mendengarkan Lagu Galau Berdampak Positif Pada Kesehatan Mental

BERITA TERBARU HARI INI – Studi: Mendengarkan Lagu Galau Berdampak Positif Pada Kesehatan Mental. Musik sedih memiliki kekuatan untuk menggugah emosi dan menghadirkan perasaan yang mendalam dalam diri pendengarnya. Musik sering digunakan sebagai medium untuk mengekspresikan kesedihan, kehilangan dan kerinduan.

Melodi yang lambat dan nada yang rendah seringkali menjadi ciri khas musik sedih, menciptakan atmosfer yang mendukung perasaan introspeksi dan refleksi. Lirik yang penuh makna dan emosional juga berperan penting dalam menyampaikan pesan yang mendalam dan menyentuh hati.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan mahasiswa dari Universitas Illionis, Amerika Serikat yang dirilis dalam Journal of Aesthetic Education bertajuk “On the value of sad music” mengungkapkan bahwa mendengarkan musik sedih dapat memberikan dampak positif pada suasana hati seseorang, berkat rasa keterhubungan makna dan suasana musik tersebut yang dihidupkan kembali.

Saat Anda berada di pesta atau pertemuan sosial, Anda mungkin akan memilih lagu yang upbeat, seperti That’s What I Like dari Bruno Mars. Namum di hari lain, Anda mungkin hanya ingin mendengarkan sesuatu yang sedikit lebih muram dan mudah diingat seperti Anti-Hero dari Taylor Swift.

Apa pun musik yang paling Anda sukai, apakah itu hip-hop, country, rock, atau jazz, seringkali dapat memengaruhi suasana hati dan perasaanmu.

Venkatesan T yang merupakan salah satu dari mahasiwa yang ikut serta dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa meskipun mendengarkan musik sedih bisa membuat orang merasa sedih, tetapi hal itu juga dapat memengaruhi suasana hati secara positif dan membuat mereka merasa lebih “terhubung.”

“Poin utama kami adalah bahwa nilai musik sedih terletak pada kemampuannya menciptakan rasa keterhubungan, meskipun musik tersebut mungkin membangkitkan kesedihan pada pendengarnya. Dan rasa keterhubungan itulah yang di mana bukan pengalaman kesedihan para pendengarnya sendiri, membuat mendengarkan musik sedih menjadi sangat menyenangkan!” jelas Venkatesan.

Mengapa orang-orang menyukai musik galau?

Studi: Mendengarkan Lagu Galau Berdampak Positif Pada Kesehatan Mental

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas