BERITA TERBARU HARI INI

BERITA TERBARU HARI INI

Cyril Ramaphosa Kembali Menjadi Presiden Afrika Selatan

BERITA TERBARU HARI INI – Cyril Ramaphosa Kembali Menjadi Presiden Afrika Selatan. Parlemen Afrika Selatan memilih kembali Cyril Ramaphosa sebagai presiden negara tersebut menyusul kesepakatan koalisi antara Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa dan partai-partai oposisi.

Pemerintahan persatuan nasional yang baru menggabungkan ANC pimpinan Ramaphosa, Aliansi Demokratik (DA) yang berhaluan kanan-tengah, dan partai-partai kecil.

Dalam pidato kemenangannya, Ramaphosa memuji koalisi baru tersebut dan mengatakan para pemilih mengharapkan para pemimpin untuk “bertindak dan bekerja sama demi kebaikan semua orang di negara kita”. Demikian seperti dilansir BBC, Sabtu (15/6/2024).

Kesepakatan tersebut dicapai pada hari yang penuh drama politik, di mana Majelis Nasional duduk hingga larut malam untuk melakukan pemungutan suara guna mengonfirmasi siapa yang akan memegang kekuasaan dalam pemerintahan baru. Kesepakatan dicapai setelah berminggu-minggu muncul spekulasi mengenai siapa yang akan menjadi mitra ANC setelah kehilangan mayoritas di parlemen untuk pertama kalinya dalam 30 tahun pada pemilu bulan lalu.

ANC memperoleh 40 persen suara, sedangkan DA berada di urutan kedua dengan 22 persen.

Sekretaris Jenderal ANC Fikile Mbalula menyebut kesepakatan koalisi sebagai langkah luar biasa.

Hal ini berarti Ramaphosa – yang menggantikan Jacob Zuma sebagai presiden dan pemimpin ANC setelah perebutan kekuasaan yang sengit pada tahun 2018 – mampu mempertahankan kekuasaan untuk memimpin Afrika Selatan.

Langkah selanjutnya adalah Ramaphosa mengalokasikan posisi kabinet, yang akan mencakup anggota DA.

Dukungan terhadap ANC Merosot

Cyril Ramaphosa Kembali Menjadi Presiden Afrika Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas