BERITA TERBARU HARI INI

BERITA TERBARU HARI INI

Lirik Takbiran Idul Adha Lengkap, Arab, Latin, Artinya

BERITA TERBARU HARI INI – Lirik Takbiran Idul Adha Lengkap, Arab, Latin, Artinya. Idul Adha atau yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban merupakan salah satu perayaan penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Pada hari yang suci ini, umat Muslim merayakan kisah Nabi Ibrahim yang siap mengorbankan putranya, Ismail, sebagai bentuk pengabdian yang tulus kepada Allah SWT. Namun, pada saat yang genting, Allah mengirimkan domba yang akan menggantikan Ismail sebagai kurban yang sebenarnya.

Selain berkurban, terdapat amalan sunnah yang dianjurkan pada hari raya ini, salah satunya adalah membaca takbiran Idul Adha. Membaca takbiran merupakan bentuk puji-pujian dan pengagungan kepada Allah SWT. Takbiran Idul Adha biasanya dilantunkan berbarengan dengan waktu penyembelihan hewan kurban.

Membaca lirik takbiran Idul Adha dengan khidmat adalah salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur dan pengabdian kepada Allah SWT pada hari kemenangan ini. Momen ini juga menjadi sarana untuk menyucikan hati dan memperkuat iman umat Muslim dalam menjalani ketaatan kepada Allah SWT.

Waktu Takbiran Idul Adha

Idul Adha merupakan salah satu perayaan penting dalam agama Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahunnya. Pada perayaan ini, umat Muslim mengumandangkan takbir sebagai ungkapan syukur dan penghormatan atas kemenangan Nabi Ibrahim dalam menjalankan perintah Allah untuk mengorbankan putra kesayangannya, Ismail.

Terdapat dua macam takbir yang dilantunkan pada Hari Raya Idul Adha, yaitu takbir mursal dan takbir muqayyad. Takbir mursal dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tidak terikat dengan waktu shalat. Baik lelaki maupun perempuan dianjurkan untuk melantunkan takbir ini, baik saat berada di rumah, bepergian, masjid, pasar, dan lain sebagainya. Waktu pelaksanaan takbir mursal dimulai sejak terbenamnya matahari malam ‘id hingga imam melakukan takbiratul ihram shalat ‘id.

Sementara itu, takbir muqayyad dilantunkan seiring dengan pelaksanaan shalat, baik shalat fardhu maupun sunnah. Waktu pembacaan takbir muqayyad dimulai setelah melaksanakan shalat Subuh pada hari Arafah atau pada tanggal 9 Dzulhijjah, hingga menjelang akhir ashar pada hari Tasyriq, yaitu tanggal 13 Dzulhijjah.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa, jika Idul Adha bertepatan pada tanggal 17 Juni 2024, maka lirik takbiran Idul Adha muqayyad dilantukan mulai 17 Juni hingga 21 Juni 2024.

Lirik Takbiran Idul Adha Lengkap

Lirik Takbiran Idul Adha Lengkap, Arab, Latin, Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas