Ini yang Terjadi Setelah Joe Biden Mundur dari Bursa Capres Pemilu AS 2024

BERITA TERBARU HARI INI – Ini yang Terjadi Setelah Joe Biden Mundur dari Bursa Capres Pemilu AS 2024. Presiden AS Joe Biden baru saja mengumumkan bahwa dia mundur dari bursa pemilihan calon presiden (capres) untuk Pemilu AS 2024, sebuah momen yang sangat penting tidak hanya dalam pemilihan presiden tahun ini tetapi juga dalam sejarah Amerika.

Lalu apa yang terjadi setelah Joe Biden mundur pencalonannya sebagai presiden AS periode berikut dari Partai Demokrat?

Mengutip situs Politico, Senin (22/7/2024), diketahui ternyata bukan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi seorang presiden petahana tidak mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan berikutnya, namun kekhasan seputar sosok Joe Biden – baik kekhawatiran mengenai kelayakannya untuk memegang jabatan kepresidenan maupun besarnya aparat kampanye modern yang ia kendalikan – mendorong negara ini ke perairan yang belum dipetakan. Dan itu terjadi setelah dia mendominasi pemilihan pendahuluan untuk menjadi calon presiden.

Ada banyak pertanyaan – dan banyak hal yang belum diketahui – tentang momen unik mundurnya Joe Biden ini. Berikut sejumlah ulasannya:

1. Apakah Joe Biden Masih jadi Presiden AS?

Jawabannya ya. Meskipun Joe Biden mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri dari Partai Demokrat, hal itu tidak mencopotnya dari jabatannya. Dia tetap menjadi panglima tertinggi negara tersebut sampai presiden berikutnya dilantik pada bulan Januari, atau dia memilih untuk mundur di kemudian hari.

Joe Biden mengatakan dalam pernyataan media sosialnya saat mengumumkan keputusannya bahwa dia akan menyelesaikan masa jabatannya.

“Dan meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin ini demi kepentingan terbaik partai dan negara saya jika saya mundur dan fokus hanya pada memenuhi tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya,” tulis Joe Biden di media sosialnya.

Hampir tidak ada anggota Partai Demokrat yang meminta Biden untuk mundur dari jabatannya juga meminta dia untuk mengundurkan diri lebih awal, meskipun beberapa anggota Partai Republik di Kongres telah mengemukakan prospek tersebut.

Secara teoritis, Joe Biden juga dapat dicopot dari jabatannya oleh Kabinetnya melalui Amandemen ke-25 – amandemen serupa yang sering dibahas tetapi pada akhirnya tidak diterapkan oleh Presiden Donald Trump setelah kerusuhan 6 Januari 2021 – jika mereka merasa Biden tidak bisa lagi melakukan pekerjaannya sebagai presiden. Sejauh ini, belum ada pejabat kabinet yang mengindikasikan hal itu.

2. Jadi Siapa Calon dari Partai Demokrat Berikutnya?

Ini yang Terjadi Setelah Joe Biden Mundur dari Bursa Capres Pemilu AS 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas